YURISTGAMEINIGAMEID101

SPIRIT WORDL SUFI FORUM 2019



Sufinesia.com | Menurut Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya selaku Rais 'Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahli Thariqah al-Mutabarah al-Nahdliyah (JATMAN), tasawuf berperan penting dalam perdamaian antara bangsa di dunia. Itulah salah satu tujuan Konferensi Ulama Sufi Internasional (World Sufi Forum) digelar.


Senin, 8 April 2019, acara telah dibuka secara resmi oleh Menteri Pertahanan Jend TNI Purn Ryamizad Ryacudu mewakili Presiden Republik Indonesia di Pekalongan, Jawa Tengah.

Acara tersebut diikuti sejumlah perwakilan sufi dari penjuru dunia. Terdiri dari 3500 dari kalangan mursyid, muqaddam, badal, khalifah tarekat-tarekat mu'tabarah di Indonesia, dan 87 ulama sufi dari 36 negara. Ulama tersebut antara lain, Syaikh Dr. M. Adnan al-Afyouni, Mufti Damaskus sekaligus Dewan Rekonsiliasi Nasional Suriah, Syaikh Dr. Riyadh Bazou asal Lebanon dan Syaikh Dr. Aziz Idrissi El Kobaiti Al Hasani, Ph.D., Ketua IACSAS (The International Academic Centre of Sufi and Aesthetic Studies) Fes Maroko, dan lainnya.

Terlepas dari apa pun, acara keren ini layak diapresiasi sebagai momentum besar yang akan dicatat dalam sejarah sufi di dunia. Apalagi di gelar di Indonesia, di mana beberapa hari ke depan akan berlangsung pesta akbar demokrasi. Acara seperti ini benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. 

Mari jadikan acara tersebut sebagai spirit kita semua dalam mendekat kepada Tuhan dan menjaga perdamain. Tasawuf telah mengisyaratkan pada kita semua bahwa kedekatan kita dengan Tuhan tercermin dalam akhlak kita pada sesama manusia dan lingkungan, baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional.

About Author

Related Post