YURISTGAMEINIGAMEID101

ANUGERAH 4 PERKARA YANG BERHARGA

ANUGERAH 4 PERKARA YANG BERHARGA

Kata Imam Zandusty: "Saya dengar Imam Aba Muhammad Abdullah bin Fadhal berkata: "Beberapa Hukama berkata: "Barangsiapa dianugerahi empat perkara, maka dia tidak terhalang dari empat perkara:

1. Barangsiapa dianugerahi mau berdoa, maka dia tidak terhalang dari dikabulkan. Firman Allah SWT: "Mintalah kalian kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan." (QS. al-Mu'minin: 60)

2. Barangsiapa dianugerahi mau memohon ampun, maka dia tidak terhalang dari ampunan. Karena Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya Allah Maha Memberi ampun." (QS. Nuh: 10)

3. Barangsiapa dianugerahi mau bersyukur, maka dia tidak
terhalang dari tambahan nikmat. Karena Allah SWT berfirman: "Sungguh apabila kamu sekalian mau bersyukur. Aku pasti akan tambah." (QS. Ibrahim:

4. Barangsiapa dianugerahi mau bertaubat, maka dia tidak terhalang dari terkabulnya. Karena Allah SWT berfirman: "Dan Dia Allah yang Maha Menerima taubat para hamba-Nya dan memaafkan dari segala kejahatan." (QS. asy Syura: 25).

Makolah Zandusty tersebut, menunjukkan pada kita bahwa manusia itu memang tidak punya daya dan upaya. Bahkan untuk mampu berdoa, memohon ampun, bersyukur, dan bertobat, manusia butuh anugerah Allah. Empat perkara tersebut merupakan perkara mulia dan inti dalam kehidupan manusia, terutama yang sedang berjalan menuju Allah.

Mungkin kita sedikit bertanya: antara perkara nomor 1 dan 4 terkesan sama. Namun sebenarnya tidak. Antara memohon ampun dan bertobat ada perbedaan yang mendasar. Memohon ampun bisa kita lakukan setiap setiap saat dengan lafaz: Astagfirullah...tanpa perlu kita merasa telah berbuat dosa. Karena Allah sangat suka kepada hambanya yang senantiasa mengucapkan istigfar. Hal ini sangat dicontohkan dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw.

Sementara itu, bertobat adalah proses melakukan permohonan ampun karena telah melakukan suatu dosa dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi. Ada beberapa syarat dalam bertobat, bisa kita baca pada tulisan sebelumnya: TIGA TAHAPAN TOBAT YANG BENAR.

Itulah perbedaan antara memohon ampun dan bertobat. Sedangkan dalam hal bersyukur dan berdoa memang telah jelas perbedaannya. Namun jika kita renungkan lebih dalam, empat perkara tersebut sebenarnya saling berkaitan; memohon ampun, berdoa, bersyukur, lalu bertobat.

Demikian. Semoga bermanfaat.

ADMIN

BACA JUGA