YURISTGAMEINIGAMEID101

BERDIRI AKU - AMIR HAMZAH

BERDIRI AKU - AMIR HAMZAH

Amir Hamzah adalah "Raja Penyair Pujangga Baru". Dia lahir di Langkat, Sumatra Utara, 28 Februari 1911 dari keluarga ningrat yang taat menjalankan agama Islam. Demikian juga dengan Amir sendiri, dia merupakan muslim yang taat. Wajar, jika puisi-puisinya penuh perenungan yang dalam dan sufistik. 

Riwayat studinya dimulai dari HIS Tanjungpura (1924), Christelijk MULO di Medan, MULO Batavia (1927),AMS (Aglmeene Middelbare School) Solo, Jurusan Sastra Timur, dan Sekolah Hakim Tinggi Batavia

Dia sempat menjadi guru di Perguruan Rakyat (bagian dari Taman Siswa) Jakarta dan mendirikan majalah  Poedjangga Baroe bersama Sultan Takdir Alisjahbana, Armijn Pane, dan Sanusi Pane. Kemudian tahun 1935, dia kembali ke Langkat atas titah Sultan Langkat untuk dinikahkan dengan putrinya Tengku Kamaliah. Sejak itu, dia menduduki sejumlah jabatan penting kesultanan di Langkat. Namun sayang, 7 Maret 1946, dalam suatu revolusi sosial dan fitnah di Langkat, dia ditangkap bersama Sultan Langkat dan pancung pada 20 Maret 1946.

Bukunya yang sudah terbit adalah Nyanyi Sunyi (1937), Buah Rindu (1941), Sastra Melayu Lama dengan Tokoh-Tokohnya (1941), dan Esai dan Prosa (1982). Terjemahannya: Bhagawad Gita, dan Setanggi Timur yang merupakan terjemahan puisi Jepang, Arab, India, Persia.

Amir Hamzah
Berdiri Aku

Berdiri aku di senja senyap
Camar melayang menepis buih
Melayah bakau mengurai puncak
Berjulang datang ubur terkembang

Angin pulang menyejuk bumi
Menepuk teluk mengempas emas
Lari ke gunung memuncak sunyi
Berayun ayun di atas alas

Benang raja mencelup ujung
Naik marak mengorak corak
Elang leka sayap tergulung
Dimabuk warna berarak-arak

Dalam rupa maha sempurna
Rindu sendu mengharu kalbu
Ingin datang merasa sentosa
Menyecap hidup bertentu tuju

ADMIN

BACA JUGA