YURISTGAMEINIGAMEID101

ZODIAK MENURUT IBN ARABI


Menurut pandangan Ibn Arabi, 12 zodiak adalah 12 malaikat yang ditugaskan Allah di Orbit Zodiak (Al-Falak al-Buruj). Orbit Zodiak bisa disebut 'orbit tak berbintang' atau Falak al-Atlas, karena tidak satu pun bintang ada di sana. Karena 'tidak adanya bintang', maka tidak ada yang bisa mengetahui secara pasti 'di mana' letak 12 zodiak atau malaikat itu berada. Selama ini kita hanya bisa menandai letak 12 zodiak atau malaikat itu dengan cara melihat gugusannya di Orbit Bintang-bintang Tetap yang ada di bawahnya. 


Dalam Kitab Uglah al-Mustawfiz, Ibn Arabi menjelaskan 12 zodiak atau malaikat tersebut sebagai berikut:



1. Mizan (Libra):
Malaikat pertama memiliki bentuk seperti “timbangan” (mizan).Tabiat rumahnya, yaitu bagian yang menjadi posisinya pada Orbit Tak Berbintang, adalah panas basah. Allah Swt. menjadikan aturannya berkuasa di Alam Penjadian (Alam At-Takwin) selama 6.000 tahun. Kemudian aturan berpindah kepada yang lain hingga berakhir kembali kepadanya. Di tangan malaikat ini Allah menjadikan kunci penciptaan ahwal dan perubahan-perubahan (tagyirat).

2. Agrab (Scorpio):
Malaikat kedua memiliki bentuk seperti “kalajengking”. Tabiatnya adalah dingin basah. Aturannya dijadikan berkuasa di Alam Penjadian selama 5.000 tahun setiap kali tiba masa peredarannya. Di tangannya Allah menjadikan penciptaan api.

3. Gaws (Sagitarius):
Malaikat ketiga memiliki bentuk seperti “busur panah”. Tabiatnya panas kering. Aturannya berlaku di Alam Penjadian selama 4.000 tahun. Ia adalah malaikat mulia yang ditangannya terdapat tali-tali kekang untuk jasad-jasad yang bercahaya (nurani) maupun yang gelap (zulmani). Ditangannya dijadikan kunci penciptaan tumbuhan.

4. Jady (Capricorn):
Malaikat keempat diciptakan Allah dalam bentuk “anak kambing”. Tabiatnya dingin kering. Ia dijadikan berkuasa di Alam Penjadian selama 3.000 tahun. Di tangannya Allah menjadikan kunci penciptaan siang dan malam.

5. Dalw (Aguarius):
Malaikat kelima diciptakan dalam bentuk “timba atau tempat air”. Tabiatnya panas basah. Kekuasaannya berlaku selama 2.000 tahun. Di tangannya dijadikan kunci penciptaan ruh-ruh.

6. Hut (Pisces)
Malaikat keenam diciptakan dalam bentuk “ikan”. Tabiat nya dingin basah. Masa beredarnya selama 1.000 tahun. Di tangannya dijadikan kunci penciptaan hewan-hewan.

7. Kabsy (Aries)
Malaikat ketujuh diciptakan dalam bentuk “domba atau biri-biri”. Tabiatnya panas kering. Beredar selama 12.000 tahun. Di tangannya dijadikan kunci penciptaan aksiden-aksiden dan sifat-sifat.

8. Sawr (Taurus):
Malaikat kedelapan diciptakan dalam bentuk “lembu jantan atau banteng”. Tabiatnya dingin kering. Beredar selama 11.000 tahun. Di tangannya terdapat kunci penciptaan surga dan neraka.

9. Tawamayn (Gemini)
Malaikat kesembilan diciptakan dalam bentuk “dua anak kembar”. Tabiatnya panas dingin. Ia beredar selama 10.000 tahun. Di tangannya terdapat kunci penciptaan mineral-mineral.

10. Saratan (Cancer)
Malaikat kesepuluh diciptakan dalam bentuk “kepiting”. Tabiatnya dingin basah. Beredar selama 9.000 tahun. Di tangannya terdapat kunci penciptaan dunia.

11. Asad (Leo)
Malaikat kesebelas diciptakan dalam bentuk “singa”. Tabiatnya panas kering. Lama peredarannya 8.000 tahun. Di tangannya terletak kunci penciptaan akhirat. 

12. Sunbulah (Virgo)
Malaikat keduabelas diciptakan dalam bentuk “tangkai mayang”. Tabiatnya dingin kering. Beredar selama 7.000 tahun. Ia dikhususkan untuk penciptaan tubuh jasmani manusia. Dalam bahasa Arab zodiak ini juga dinamakan al-azra yang berarti “gadis perawan”.

Jika dijumlahkan, seluruh masa peredaran zodiak-zodiak dari Libra hingga Virgo berlangsung selama 78.000 tahun.



----
Sumber: Al-Futuhat al-Makkiyah: Risalah tentang Ma‘rifah Rahasia-Rahasia Sang Raja dan Kerajaan-Nya II, Penerjemah: Harun Nur Rosyid dari Al-Futūḥāt Al-Makkiyyah karya Muḥyiddīn Ibn Al-‘Arabī ra., Darul Futuhat, Yogyakarta, 2017.

ADMIN

BACA JUGA