YURISTGAMEINIGAMEID101

BEGITU BAHAYA MENYAKITI ORANG LAIN

Begitu Bahaya Menyakit Orang Lain

Menyakiti orang lain termasuk racun hati yang mematikan. Seseorang salik bisa terhalang musyahadahnya kepada Allah, sebab dua hal: makanan haram dan menyakiti orang lain. Dalam hal ini, Rasul bersabda: 

"Cukuplah api neraka yang akan membersihkan tubuh-tubuh yang diberi makanan barang haram".

"Adalah sebuah kejahatan, seorang muslim menghina muslim yang lain. Seorang muslim harus menjaga darah, harta, dan harga diri muslim lainnya". 

Kita tahu, ada tujuh pedoman yang harus diperhatikan benar-benar oleh orang yang sedang berjalan menuju Allah:

1. Berpegang teguh pada kitab Allah.
2. Mengikuti sunnah Rasul.
3. Makan makanan yang halal
4. Menjauhi perbuatan maksiat.
5. Bertaubat dari segala kesalahan.
6. Melaksanakan segala kewajiban.
7. Menghindarkan diri dari menyakiti orang lain.

Pedoman nomor tujuh (7) adalah yang paling penting karena terkait dengan dosa kepada hamba Allah yang lain. Dosa yang kita perbuat kepada Allah bisa langsung Allah ampuni jika kita bertobat secara sungguh-sungguh kecuali dosa kepada manusia lain, jika dia tidak memaafkan kita. 

Ada macam dalam menyakiti orang lain yang harus kita hindari sejauh mungkin:

1. Menyakiti orang lain dalam bentuk lahir, seperti melukai, mencaci, memukul, membunuh, memfitnah, menggunjing, dan sebagainya; Ali Al-Khawash dalam wasiatnya pernah menekankan soal bahaya menggunjing atau bergosip soal orang lain: 
"Jangan sampai seseorang terjerumus dalam pelanggaran hak sesama dan para kekasih Allah. Sesungguhnya, daging aulia adalah racun. Hati-hatilah, jangan menganggap enteng persoalan menggunjing ini, walau orang yang kamu gunjingkan tidak mendengar, Allah yang akan menolong dan membela mereka"
2. Menyakiti orang lain dalam bentuk batin, seperti buruk sangka, membenci, dendam, marah, dan sebagainya.  Dalam hadis Bukhari dan Muslim dikatakan:
"Hati-hatilah terhadap prasangka. Sesungguhnya, prasangka adalah omongan yang sangat dusta".
Sungguh keduanya adalah racun yang paling ganas dan mematikan di dunia. Bila kita pernah menyakiti orang lain, segeralah minta maaf dan bertobat kepada Allah, karena "Sesungguhnya, setiap manusia mesti salah. Yang terbaik di antara mereka, adalah orang-orang melakukan tobat". H.R. Tirmidzi dan Ibn Majah.

ADMIN

BACA JUGA