YURISTGAMEINIGAMEID101

DUA HADIAH ISTIMEWA ALLAH UNTUK NABI MUHAMMAD DAN UMATNYA


oleh Indra Kusuma

Dua Hadiah Istimewa Allah untuk Muhammad dan Umatnya

Sebagai penutup para nabi dan rasul, Allah memberikan dua hadiah spesial untuknya yang tidak diberikan kepada nabi atau rasul sebelumnya. Apakah hadiah itu?

Dalam kitab Shahih Muslim nomor 806-254 diceritakan: Suatu hari nabi duduk bersama JIbril. Seketika terdengar suara keras dari langit. JIbril mendongak dan berkata: "Itu suara salah satu pintu langit yang terbuka yang tidak pernah dibuka sebelumnya. Lalu turunlah satu malaikat ke bumi yang tidak pernah diturunkan sebelumnya kecuali hari ini." Di hadapan nabi, malaikat tersebut memanggil salam dan berkata: " Aku datang membawa kabar gembira bahwa Allah memberikan kepadamu dua cahaya yang tidak pernah diberikan kepada selainmu sebelumnya. Cahaya itu adalah fatihatul kitab (surat Alfatihah) dan akhirsuratalbaqarah (Ayat akhir surat Albaqarah). Bila engkau membaca, bahkan satu huruf saja darinya yang berisi doa, maka Allah akan mengabulkannya." 

Nabi banyak bersabda perihal keutamaan surat Alfatihah dan akhir surat Albaqarah, seperti “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” HR. Bukhari dan Muslim, atau "Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Albaqarah pada suatu satu malam, maka ayat itu akan menjadi pelindung dirinya." HR. Muslim. 

Selain itu, dari keduanya (Alfatihah dan akhir surat Albaqarah) mengandung doa yang sangat istimewa. Tidak hanya indah susunan katanya, tetapi juga mendalam maknanya sebagai ekspresi kehambaan kepada Allah. 

Dalam surat Alfatihah: 5-7 terdapat doa: 
"Hanya kepada-Mu, kami menyembah, dan hanya kepada-Mu kami mohon pertolongan: Tunjukilah kami jalan yang lurus; jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan mereka yang dimurkai, dan bukan pula jalan mereka yang sesat."
Demikian juga dalam ayat terakhir surat Albaqarah: 286 mengandung doa:
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau salah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelumnya. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami pikul. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami dari kaum yang kafir".
Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar. Semoga kita senantiasa dibukakan pintu kebaikan oleh Allah dalam segala keadaan.

ADMIN

BACA JUGA