YURISTGAMEINIGAMEID101

6 KEUTAMAAN ORANG YANG BERZIKIR DAN BERDOA


Berzikir dan berdoa sama pentingnya untuk dilakukan. Keduanya merupakan perintah Allah SWT sekaligus wujud dari penghambaan diri kepada-Nya. Itulah sebabnya Imam Nawawi dalam al-Adzkar mengatakan, hal yang paling utama dari aktivitas seorang hamba yaitu menyibukkan diri dengan ber-zikirullah sesuai tuntunan Rasulullah saw..

Berdoa juga memiliki keutamaan yang sama dengan berzikir. Keduanya adalah perintah langsung dari Allah. Apalagi, berdoa pada hakikatnya merupakan wujud dari ketergantungan, kelemahan, ketidakberdayaan, dan kehinaan seorang hamba di hadapan Allah yang Maha Kuasa, Maha Kuat, Maha Perkasa, Maha Mulia.


Berdoa merupakan bentuk kepedulian dan kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Dia sengaja memerintahkan hamba-Nya berdoa karena kita memang sangat membutuhkan-Nya. Berikut ini berbagai fungsi dan keutamaan (fadhilah) berdoa (termasuk berzikir) kepada Allah, diantaranya yaitu:


1. Sebagai wasilah untuk bersandar, berkeluh kesah, dan memohon pertolongan kepada Allah. Pasalnya, manusia seringkali tidak mampu berpijak dengan kokoh di atas berbagai permasalahan yang dihadapinya. Baik permasalahan yang menyangkut urusan asmara, kemiskinan bahkan kekayaan, keluarga, karier/jabatan, usaha atau bisnis, dan yang lainnya. Betapa banyak orang yang depresi karena masalah-masalah yang dialaminya itu sehingga mereka terjerumus ke dalam perilaku destruktif. 


Bagi orang yang beriman, seberat apa pun persoalan yang dihadapi, ia akan tetap tegar berdiri dalam menjalani hidup. Baginya, cukuplah Allah sebagai satu-satunya Zat yang bisa mengerti mengenai persoalan yang dihadapinya, mau mendengar keluh kesah-Nya, serta bisa menolong kesulitan yang dialaminya. Dengan penuh khidmat dan pengharapan ia selalu berdoa kepada-Nya. 


“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan bagi-Mu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” QS. Al Mukmin : 60


2. Dalam praktiknya, keutamaan berdoa juga sebagai wahana dalam mengharap agar Allah membukakan hati dan pikiran kita supaya bisa mengoptimalkan potensi diri demi memperbaiki kehidupan menjadi lebih baik. Sehingga, segala tugas dan peran yang kita emban dapat diselesaikan sebaik mungkin. 


3. Fungsi atau keutamaan dari berdoa (dan berzikir) kepada Allah adalah sebagai penumbuh kekuatan mental dalam menghadapi segala kemungkinan. 


4. Allah akan “mengingat” setiap hamba-Nya yang ingat kepada-Nya (melalui zikir dan doa). Hal ini ditegaskan dalam firman-Nya:


“Maka ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepada-Mu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingakari (nikmat)-Ku”. QS. Al Baqarah: 152.

Rasulullah saw. bersabda, “Allah SWT berfirman, ‘Aku menurut persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Aku bersama-Nya ketika dia mengingat-Ku. Apabila ia mengingat Aku dalam dirinya, niscaya Aku juga akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila ia mengingat-Ku dalam satu kaum, niscaya Aku juga akan mengingatnya dalam suatu kaum yang lebih baik dari mereka. Apabila Dia mendekati-Ku sejengkal, niscaya Aku akan mendekati-Nya sehasta. Apabila Dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Apabila Dia datang kepada-Ku dengan berjalan, niscaya Aku akan datang kepadanya dengan berlari”. Shahih Bukhari Al Tauhid : 6856.

5. Dzikrullah (termasuk doa) merupakan amalan yang lebih utama daripada menginfakkan emas, perak atau jihad di jalan Allah. Pasalnya zikir merupakan wahana untuk senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya. Rasulullah saw. bersabda:


“Maukah kalian aku berikan amalan yang paling baik, paling suci di sisi Tuhan-mu, paling dapat mengangkat derajatmu, yang lebih baik bagimu daripada infak emas dan perak, dan lebih baik bagimu daripada jika kalian menjumpai musuh lalu kalian menebas leher mereka atau mereka memenggal leher-leher kalian?” Para sahabat menjawab, “Baiklah”, Rasulullah bersabda: “Berzikirlah kepada Allah”. HR. Tirmidzi dari Abu Darda. Lihat Sunan Tirmidzi, Ad Da’awat an Rasulullah : 3299.


6. Doa dan zikir merupakan sunnah para nabi dan rasul, amalan para wali Allah dan orang-orang saleh. Sedangkan orang yang enggan berdoa dan malas berzikir adalah orang yang sombong yang sudah pasti dimurkai-Nya. 


ADMIN

BACA JUGA