YURISTGAMEINIGAMEID101

APA ALASAN KITA BERZIKIR DAN BERDOA?


Kenapa kita harus berzikir dan berdoa? Berikut tujuh alasan utamanya:


1. Kita hanyalah manusia. Manusia itu lemah, tidak punya daya dan upaya, kecuali yang telah diberikan dan diizinkan oleh Allah


2. Berdoa (dan berzikir) menumbuhkan pribadi yang bertawakal sehingga seorang hamba siap dan ikhlas menerima segala kehendak-Nya. 


3. Berdoa (dan berzikir) adalah suatu ibadah yang pasti memberikan kebaikan dan nilai pahala yang jauh lebih besar daripada terkabulnya doa itu sendiri. Kesadaran ini dilandasi keyakinan bahwa Allah tidak mungkin menyia-nyiakan kesungguhan para hamba-Nya yang berdoa. “Doa adalah ibadah”. HR. Tirmidzi dan Ahmad dari Nukman dan Bashir. Lihat Sunan Tirmidzi, Tafsir Quran an Rasulillah : 2895. Sunan Abi Dawud, as Shalah : 1264.


4. Zikir merupakan obat hati yang paling mujarab. Hal ini sesuai dengan firman-Nya: “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” QS. Ar Ra’d : 28. Menurut Ibnu Al Qayyim Al Jauziyah dalam kitabnya Al Wabilus Shayyid, zikir dapat menghadirkan ketenangan dan ketentraman, menghilangkan depresi, keresahan, kegundahan, dan kesedihan. Orang yang berzikir akan merasakan kehadiran Allah dalam hatinya. Ia menyadari, Allah senantiasa bersamanya, mengawasi, melindungi, dan menaungi dengan rahmat-Nya.


5. Berzikir dan berdoa akan menumbuhkan rasa optimisme yang besar dalam menatap masa depan dan memiliki kepercayaan diri yang kuat dalam menyikapi berbagai persoalan hidup. Dirinya senantiasa “mengandalkan” Allah sebagai Zat Yang Maha Penolong. 


6. Berdoa adalah senjatanya orang-orang yang beriman. Termasuk senjata dari bujuk rayu setan dan gangguan orang-orang zalim.


7. Allah pasti memberikan jawaban terbaik atas segala doa hamba-Nya meskipun tidak sesuai dengan keinginannya. Pasalnya, apa yang kita inginkan memang belum tentu baik bagi kita, sedangkan apa yang diberikan Allah sudah pasti baik bagi kita walaupun kita sendiri seringkali tidak menyadarinya.

ADMIN

BACA JUGA