YURISTGAMEINIGAMEID101

BEDANYA MUSLIM DAN KAFIR ADALAH SHALAT

oleh DR. H. Miftah Faridl

Shalat adalah salah satu ibadah terpenting dalam ajaran Islam. Melaksanakannya berpahala besar dan meninggalkannya dinilai sebagai perbuatan dosa besar. Shalat merupakan ibadah yang telah disyariatkan Allah Swt. kepada para Nabi dan Rasul Allah sebelum Nabi Muhammad Saw. sehingga shalat berlaku secara universal (menyeluruh) Kepada Rasulullah Saw., shalat telah diperintahkan oleh Allah Swt. sejak tahun pertama kenabian, yaitu dengan turunnya Surah Al-Muzzammil yang memerintahkan shalat malam. Sedangkan, shalat fardhu yang lima waktu diperintahkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad Saw. secara langsung-tidak melalui Jibril-dalam peristiwa Isra Mi'raj.

Shalat juga dijadikan salah satu wasiat terakhir Nabi Muhammad Saw. pada saat menjelang wafatnya beliau. Rasulullah Saw. berpesan kepada para utusan yang akan dikirim ke daerah-daerah; "Ajarkan kepada mereka bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah. Setelah itu, ajarkan kepada mereka shalat."

Kepada kedua orangtua-ayah dan ibu Rasulullah Saw. memerintahkan agar mengajar kan dan membudayakan shalat kepada anak-anak mereka sejak usia tujuh tahun, dan boleh dipukul kalau mereka tidak mau shalat pada usia sepuluh tahun. Setiap suami juga wajib mengajak istrinya agar mau melaksanakan shalat. Setiap Muslim diwajibkan pula untuk mengajak orang lain supaya mau shalat.

Selain shalat merupakan ibadah penting, juga mengandung hikmah dan manfaat bagi mereka yang melakukannya. Shalat sarat dengan hikmah dan manfaat untuk mencairkan perasaan, pikiran yang tidak nyaman, menghilangkan kesedihan, kemarahan, kekecewaan, kesombongan, kekesalan, putus asa, stres, depresi mental, dan lain-lain.

Gerakan dan bacaan shalat mengandung riyadlah, semacam latihan untuk membangun karakter, bahkan mencegah kejahatan dan kemungkaran. Oleh karena itu, selain shalat sebagai bentuk pengabdian dan kepasrahan. juga sebagai bentuk penyegaran, pengobatan, dan kenikmatan ketika shalat.

Seperti yang diberikan buku Shalat is Fun, agar shalat itu dapat sampai pada kualitas tertinggi, maka penting untuk dipelajari syarat, rukun, amalan sunnah yang menyempurnakan shalat, dan hikmah-hikmah yang terkandung dalam setiap rukun dan bacaan shalat.

Agama Islam menyiapkan sejumlah peraturan tentang shalat, macam-macam shalat, bentuk-bentuk keringanan dalam shalat, dan lain-lain. Prinsipnya, shalat tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apa pun! Sepanjang seseorang masih sadar dan sehat akal, ia tidak boleh meninggalkan shalat. Dengan shalat yang berkualitas, seseorang akan mendapatkan kenikmatan dan kebahagiaan lahir dan batin.

Nabi Muhammad Saw. berpesan: "Garis pemisah antara Muslim dan kafir adalah mengerjakan shalat dan meninggalkan shalat." Dan pesan lainnya, "Amal yang paling pertama dinilai oleh Allah pada hari Qiyamah adalah shalat. Kalau shalatnya baik, ada harapan amalan lain menjadi baik. Dan, kalau shalatnya tidak baik, amalan lainnya akan terbawa tidak baik."

ADMIN

BACA JUGA