YURISTGAMEINIGAMEID101

IBNU THUFAIL (500 H -581 H)

Abu Bakar Muhammad ibn Abdul Malik ibn Muhammad ibn Thufail al-Andalusi al-Oaisi

Abu Bakar Muhammad ibn Abdul Malik ibn Muhammad ibn Thufail al-Andalusi al-Oaisi atau yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Thufail lahir pada sekitar tahun 500 H (1106 M) di Guadix (Arab: Wadf Asy) yang terletak di timur laut Granada, Spanyol.

Pada mulanya, Ibnu Thufail berkecimpung di bidang kedokteran dan kemudian diangkat sebagai wazir (kepala aparat administrasi dan eksekutif yang berada di bawah khalifah—penerj.) di Granada. Kemudian ia masuk ke dalam lingkaran kekuasaan Dinasti al-Muwahhidin (Latin: Almohades)' di Maroko. Koloni Arab ini—begitu pula Tunisia—pada saat itu lebih sering disebut dengan nama “Afrika”. Semenjak diangkat sebagai pejabat pada tahun 549 H (1154 M), Ibnu Thufail dekat dengan gubernur Abu Sa'id ibn Abdul Mukmin—gubernur jenderal Sebta (Arab: Sabtah/ Latin: Ceuta) dan Tangier (Arab: Thanjah/Latin: Tanger)—yang tertarik mendalami filsafat. 

Selanjutnya, ia memutuskan untuk kembali ke dunia kedokteran, dan ditunjuk sebagai dokter dan penasihat pribadi Abu Ya'gub Yusuf—khalifah Dinasti al-Muwahhidan—pada tahun 558 H (1163 M). Tampaknya, Ibnu Thufail bertahan dengan jabatan itu selama kurun waktu 20 tahun. la menghabiskan masa jabatannya untuk berkontemplasi dan mendalami studi filsafat, di samping tetap melakukan praktik kedokteran.

Pada tahun 578 H (peralihan tahun 1182 M dan 1183 M), ia mengundurkan diri dari jabatan kenegaraannya itu, yang barangkali disebabkan karena usianya yang sudah uzur. Kedudukannya itu kemudian digantikan oleh Ibnu Rusyd, filsuf terbesar Andalusia dalam sejarah kemanusiaan. 

Ibnu Thufail meninggal dunia pada tahun 581 H (1185 M) di kota Marakesh, dan dimakamkan di sana. Ia meninggalkan sejumlah karya intelektual yang sebagian besar sudah hilang. Yang tersisa dari peninggalan karya-karyanya itu hanyalah roman filsafat Hayy ibn Yagzhan, dan beberapa karya sastra yang terpenggal-penggal.

Dalam roman filsafat -tentang manusia yang diasuh Rusa- ini, Ibnu Thufail sangat piawai dalam berkisah dan memancing rasa penasaran. la adalah pelopor di masanya, dan pelopor di dunia ini dalam seni penulisan riwayat modern.

ADMIN

BACA JUGA