YURISTGAMEINIGAMEID101

EMPAT SEBAB DOA DIKABULKAN


secara keilmuan, inilah 4 sebab doa seorang muslim dikabulkan oleh Allah:


1) Ikhlas.

Dalam setiap kebaikan, keikhlasan merupakan hal yang utama. Begitu pula dalam berdoa. Apalagi keterkabulan suatu doa turut ditentukan oleh keikhlasan hati dalam memanjatkan permohonan kepada-Nya. 


Sebagai contoh, dengan penuh keikhlasan, Nabi Yunus AS memohon dan mengharap pertolongan Allah, sehingga Allah berkenan mengabulkan doanya dan menyelamatkannya dari perut ikan paus. 


“Dan (ingatkanlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: ‘Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang dzalim.” Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya daripada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman”. QS. Al Anbiyaa’: 87-88:


2) Yakin.


Penuh harap dan keyakinan merupakan sikap mental yang harus dimiliki ketika berdoa. Rasulullah saw. bersabda:

“Berdoalah kepada Allah dengan keyakinan akan dikabulkan”. HR. Tirmidzi dan Ahmad dari Abu Hurairah. Lihat Sunan Tirmidzi, ad Da’awat an Rasulillah: 3401. Musnad Ahmad: 6368

3) Berbaik sangka kepada Allah


Allah mengabulkan suatu doa tidak selalu seperti yang diharapkan hamba-hamba-Nya. Namun kita harus selalu berbaik sangka kepada Allah karena Dia lah yang lebih tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Dia juga lebih mengetahui kapan saat yang paling tepat untuk mengabulkan doa dan seperti apa pengabulan doanya itu. 

Rasulullah saw. bersabda:

“Janganlah sampai seseorang di antara kalian mati, kecuali dalam keadaan berbaik sangka kepada Allah”. HR. Muslim dari Jabir. Lihat Shahih Muslim, al Jannah wa Shifatu Na’imah wa Ahliha: 5124


Dalam Hadits Qudsi Allah SWT berfirman:


“Aku menurut prasangka hamba-Ku atas diri-Ku, dan Aku bersamanya ketika ia berdoa kepada-Ku”. HR. Muslim dan Tirmidzi dari Abu Hurairah. Lihat Shahih Muslim, Adz Dzikr wad Du’a wat Taubah wal Istigfar : 4849. Sunan Tirmidzi, az Zuhd ‘an Rasulillah: 2310


Menurut Imam Asy-Syaukani Hadits ini mengandung motivasi bagi hamba-Nya agar berbaik sangka kepada Allah. Siapa yang berbaik sangka kepada-Nya, maka Allah akan melimpahkan kebaikan, menuangkan karunia-Nya, serta menaburkan kebaikan dan nikmat kepadanya.


4) Memperbanyak amal saleh (dengan ikhlas).


Memperbanyak amal saleh yang dilandasi niat yang ikhlas akan sangat mempengaruhi terkabulnya suatu doa. Salah satu amal saleh itu adalah bersedekah. Rasulullah saw. bersabda:


“Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya”. QS. Fathir: 10

ADMIN

BACA JUGA