YURISTGAMEINIGAMEID101

11 KATA HIKMAH HASAN AL-BASHRI

11 Kata Hikmah Hasan Al-Bashri

1. "Islam, apakah Islam itu? Yaitu jika sudah tak ada bedanya ketika dalam sendiri maupun di tengah keramaian, jika hatimu telah pasrah kepada Allah, serta jika setiap muslim dan setiap orang yang memiliki perjanjian denganmu aman darimu."

2. "Janganlah engkau termasuk orang yang menumpuk ilmu para ulama dan kata-kata orang bijak, lalu mengikuti orang-orang bodoh dalam berbuat."

3. "Pemahaman adalah wadah ilmu. Ilmu adalah petunjuk amal. Amal adalah penuntun kebaikan. Hawa nafsu adalah kendaraan maksiat. Harta adalah penyakit orang-orang sombong. Dunia adalah pasar akhirat. Sungguh celaka orang yang mampu berbuat durhaka kepada Allah swt. karena nikmat yang datang dari-Nya."

4. "Tidaklah jiwa anak manusia meninggalkan dunia kecuali dengan membawa tiga nestapa: (1) Bahwa ia tak menikmati apa yang ia kumpulkan. (2) Tidak menemui apa yang ia harapkan. (3) Dan tidak mengambil bekal dengan baik dari apa yang telah diberikan kepadanya."

5. "Andai ilmu memiliki bentuk, maka bentuknya tentu lebih indah daripada matahari, bulan, bintang maupun langit."

6. "Bekal orang mulia adalah berbuat dan bersegera. Sedangkan bekal orang terlaknat adalah menunda dan mengundur-undur."

7. "Tidaklah seorang hamba mencicipi tegukan yang lebih agung daripada seteguk kebijaksanaan saat marah dan seteguk kesabaran saat mendapat musibah."

8. "Demi Allah, mereka beramal dengan taat dan bersungguh-sungguh dalam melakukannya serta takut jika ditolak. Sesungguhnya orang beriman itu menggabungkan antara ihsan (berbuat baik) dan takut. Sedangkan orang munafik menggabungkan amal buruk dan rasa aman."

9. "Jika putrimu dilamar oleh beberapa orang. Maka, pilihlah orang yang bertakwa kepada Allah, karena jika ia mencintai putrimu maka ia memuliakan putrimu dan jika benci, ia tidak menzaliminya.''

10. "Berharap kepada Allah, tapi tidak bekerja? Sungguh sulit, sungguh sulit. Itu adalah harapan yang mereka khayalkan. Barang siapa berharap sesuatu, maka ia mencarinya. Dan barang siapa takut kepada sesuatu, maka ia menjauhinya."

11. "Sungguh tergolong kemunafikan ketika lidah tidak sejalan dengan hati."


Sumber: 
-Untaian Nasihat Hasan Bashri, Shalih Ahmad asy-Syami (Turos Pustaka, 2014).

ADMIN

BACA JUGA