YURISTGAMEINIGAMEID101

5 AJARAN INTI SYAIKH ABDUL QADIR AL-JAILANI

5 Ajaran Inti Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani


Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani mengajar di pesantren yang dibangunnya sendiri di kota Baghdad dan di pesantren ini pula berdiri pusat kegiatan (ribath) thariqatnya. Beliau banyak memberi wejangan kepada santrinya untuk selalu taat dan tunduk kepada Allah dan Rasul-Nya. Di antara fatwa dan ajaran beliau ini adalah:

1. Janganlah kamu membangkang dan membuat bid'ah. Bersabarlah atas segala apa yang terjadi dan apa yang akan terjadi dengan ridha dan ikhlas menerimanya. Karena semua yang terjadi itu adalah atas kehendak Allah dan menyatukan diri dengan kehendak Allah itu.

2 Bukalah mata jasmani dan mata hatimu lebar-lebar terhadap dunia yang selalu mengecoh, hadapi dengan menghilangkan hawa nafsu, jangan dibiarkan ajakannya dan bawa ke arah pengabdian diri kepada Allah semata-mata.

3. Kalau engkau ditimpa musibah, jangan dirintangi musibah itu dengan doa untuk menolaknya, jangan engkau enggan dan berkeluh kesah untuk menerimanya. Terima semua itu untuk ditingkatkan ke jenjang dekat diri kepada Allah. Demikian juga sebaliknya bila engkau menerima berbagai nikmat dan karunia, jangan lupa dan mengikat diri dan diperbudak oleh berbagai nikmat itu hingga lupa terhadap pemberi nikmat dan karunia itu.

4. Jangan menadahkan tangan kepada manusia dan jangan mengikat diri kepada mereka karena ibadah dan pertolongan itu semata- mata kepada Allah swt. Sesungguhnya yang ada hanya Allah, tiada pelaku lain selain dia. Tak ada kebajikan, keburukan, kerugian, keuntungan, manfaat, anugerah, kematian dan kehidupan serta kekayaan dan kemiskinan melainkan semuanya itu ada di tangan Allah.

5. Janganlah kamu membuat bid ah dalam agama, ikutilah para pewaris adil berdasarkan kepada Al-Qur'an dan Sunnah karena dengan dua dasar itu akan mempertautkan kamu kepada Allah, dan apabiila kamu berbuat bid'an pastiian kamu terbawa hawa nafsu yang berarti mendekatkan kamu kepada api neraka.

ADMIN

BACA JUGA